Tips Memilih Jurusan Kuliah by : @Goesti_Sofi21

Follow My Instagram : GoestiSofi
Follow My Twitter : Goesti_Sofi21

Hai...
Apakabar kalian ...

Kali ini, langsung ke topic aja ya, aku mau kasih tips buat kalian yang mau milih2 jurusan atau yang masih bingung mau jurusan apa dll.  Barangkali kalau baca ini ada sedikit pencerahan lha ya ....

tahapan masuk PTN itu ada 3, SNMPTN ( Jalur SNMPTN ), SBMPTN ( Jalur Tes ), dan Jalur Mandiri.  Tapi, biasanya sebelum jalur undangan itu dibuka ada jalur2 lain. Aku kurang tau sih, gimana itu karena infonya juga minim, karena temen aku juga lewat jalur kayak gitu di UNAIR Surabaya.

1. Jalur SNMPTN
OK. Mungkin kalian masih bingung, SNMPTN itu gimana sih?, SNMPTN itu kita nggak usah tes, dan yang jadi bahan pertimbangan itu nilai rapot kalian mulai smt 1 - 5, jadi buat adik kelas.. yang masih kelas X atau XI yang nilai nya jelek masih bisa buat diperbaiki...

2. Jalur SBMPTN
Jalur ini pendaftarannya baru dibuka setelah pengumuman SNMPTN, ini tes ... pengumumannya biasanya 1 bulan setelah tes dilaksanakan.

3.  Jalur Mandiri
jalur mandiri tentunya bayar ya, bedanya apa sih?, kalau jalur SNM sama SBM itu, gak usah bayar uang gedung di muka, kalau jalur mandiri istilah nya "Bayar Uang Gedung".

ok, lalu tipsnya gimana sih???

ada yang bilang, "Jangan banyak ngarep keterima di SNMPTN. Karena banyak hal yang nggak akan kaliana duga bakal terjadi"

cara memilih jurusan :


1. Usahakan pilih jurusan sesuai jurusan kalian sekolah ( IPA / IPS )


Maksudnya : Misal nih ya, Banyak banget temen aku yang masuk jurusan IPA, tapi waktu daftar SNMPTN milih prodi IPS, KAYAK akutansi management, bisnis dll..
bisa nggak sih ?, kalau tahun aku kemarin bisa sih bisa. Tapi inget, kalau SNMPTN itu kan berdasarkan rapot, nah kalau kalian sekolah ambil jurusan IPA,, lalu yang dibuat standar apa an coba ? kan nilai rapot kalian IPA Semua.. Mungkin yang kurikulum 13 sekarang ada pelajaran IPS kan ya.. tapi menurut aku sih kesempatan kalian kecil, karena musuh kalian adalah temen sekolah kalian yang jurusan IPS sama siswa seindonesia lainnya. Jadi unsahain mulai awal itu tentuin nanti kuliah itu mau ambil IPS apa IPA

2. Jangan asal asalan milih jurusan 
ada nih, temen yang asal asalan milih, karena dia ngarep banget yang pertama dan ternyata snm nya keterima di jurusan ke 2 nya.
nah kalau udah keterima, terus gak srek gitu kan gak enak..

3. Lihat Akreditasi dan Passing Grade 
pertama, pilih UNIV yang diunggulin dulu, boleh aja karena kamu maunya pingin di UNIV yang nggak diunggulin dulu, karena kamu ngerasa kamu lebih memungkinkan untuk diterima disitu juga nggak papa.
Kemudian lihat passing grade setiap jurusan di PTN yang kamu pilih, usahain pilih passing grade yang tinggi dulu, baru yang rendah.. kenapa ??? karena misalnya ginni, pilihan pertama kalian rendah, dan kalau kalian di jurusan itu yang PG nya rendah gak keterima, apalagi ama PG nya yang besar. jelas nggak keterima nya. Passing Grade biasanya bimbingan belajar share share gitu ....

dan juga, lihat Akreeditasi jurusan, miinimal B Lha.. Jangan sampe C, kenapa ? berarti jurusan yang kalian pilih itu jurusan baru, ya sama aja boong kalau kalian pilih jurusan yang akreditasi nya C.

4. Jangan sampai pilihan Prodi kalian sama kayak temen kalian
karena gini, kalian milih prodi sama, tapii pasti harus ada salah satu dari kalian yang harus kepilih, dan bisa juga dua duanya nggak kepilih. Boleh aja sama, tapi lihat... temen kalian itu nilainya bagusan mana?, kalau masih bagusan kalian, ada kesempatan sih.


Sebenernya yang penting itu aja sih ...
cuma biasanya ortu biasanya nyuruuh kita ke jurusan ini itu kan ya ... sholat aja kalian, sholat istikharah. kemudian kalau udah diberi petunjuk bilang ke ortu. jelasin
atau nggak prodi kalian jadiin pilihan pertama, baru yang diinginkan ortu jadi pilihan kedua. tapi inget passing grade nya ....

Terus, kalau rapot kita bagus, pasti keterima nggak ??

NGGAK!!!. Contohnya banyak banget, temen aku smt 1 - 5 rangking 1 terus...
terus nggak keterima ?? mungkin ya, jurusan yang dia pilih terlalu besar peminatnya dan nilai dia mungkin kalah bersaing sama mereka mereka siswa indo yang lain
jadi emang, keterima SNMPTN itu pinter pinter kita milih jurusan

>> Akreditasi Sekolah juga ngaruh. ( Coba Browsing) karena akreditasi sekolah itu ngaruh sama kuota penerimaan lewat jalur undangan. Kalau akreditaasi nya A jelas banyak

>> Kaka Kelas juga ngaruh.  Karena jatah keterima kalian di PTN juga berdasarkan kaka kelas kalian tahun lalu.  Misal banyak kaka kelas kalian yang ngundurin diri di jalur undagan, jelas bakal ngurangin kuota dan bisa bisa di black list juga kalian dari PTN itu. Nah solusinya, kalau kalian ngundurin diri, mending minta surat keterangann dari sekolah dan dikirim lewat POS, supaya adik kelas kallian nggak di black list.

>> Bagi yang ikut sbm.  Beneran deh kalau misal jurusan kalian di IPA, Usahain milih prodi IPA juga kalu mau kuliah, kan sia sia juga. sama aja kalian belajar lagi kalau ambil ips. Kalian 3 tahun sekolah melajarin IPA Segitunya, eh tes SBM nya harus belajar IPS. Itu berat banget lho... sama aja boong kalian sekolah 3 tahun.


kayaknya itu aja deh, kalau mau tanya tanya bisa lline aku : Goesti Sofi

incoming search items :
Tips memilih jurusan
jurusan kuliah yang tepat
cara memilih jurusan kuliah
keteria masuk snmptn
perbedaan SNMPTN dan SBMPTN
Kriteria Masuk jalur SNMPTN

Goesti Sofi

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...